Ampuh! 5 Cara Mengatasi Jerawat Mendem

Kamu pasti tahu, jerawat itu bikin stress banget. Apalagi kalau jerawatnya yang mendem, udah kayak angker aja di muka. Jerawat mendem bisa bikin kita jadi ga pede dan merasa nggak enak. Nah, supaya nggak terus-terusan ngerasa kayak gitu, kamu harus tau cara mengatasi jerawat mendem.

Dalam blog ini, mama mau share tips-tips yang bisa membantu kamu mengatasi jerawat mendem. Kita bakal bahas apa itu jerawat mendem, kenapa bisa muncul, dan cara-cara ampuh untuk ngilangin jerawat mendem itu. So, keep reading, ya!

Penyebab Jerawat Mendem

Jangan underestimate jerawat mendem, guys! Jerawat ini bisa jadi jadi masalah serius di kulit wajah. Biar kamu bisa lebih waspada, mari kita bahas apa penyebabnya.

Jadi, jerawat mendem itu bisa muncul karena beberapa faktor. Yang pertama, produksi minyak di kulit wajah yang terlalu banyak. Kalau minyak di kulit wajah nggak seimbang, bisa nih bikin pori-pori tersumbat. Nah, pori-pori yang tersumbat inilah yang kemudian menyebabkan munculnya jerawat.

Selain produksi minyak, ternyata hormon juga bisa jadi penyebab jerawat mendem. Peningkatan hormon androgen pada wanita bisa bikin produksi minyak di wajah meningkat. Nah, kalau produksi minyak naik terus, bisa memicu jerawat mendem.

Selain itu, jerawat mendem juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti debu, kotoran, dan polusi yang menempel di wajah. Terakhir, gaya hidup seperti kurang tidur, stress, dan makanan yang tidak sehat juga bisa jadi penyebab jerawat mendem. Jadi, selalu jaga kebersihan kulit wajah dan gaya hidup sehat, ya!

Tanda dan Gejala Jerawat Mendem

Setiap orang pasti tahu nih gimana rasanya jerawat, tapi gimana sih tanda-tanda jerawat mendem itu? Ciri-cirinya agak beda nih dengan jerawat biasa.

Pertama, jerawat mendem ini biasanya muncul di bawah kulit, jadi nggak terlihat jelas di permukaan kulit wajah. Kita cuma merasakan adanya benjolan di bawah kulit aja. Tapi, karena benjolannya lumayan besar, rasanya sakit dan kadang-kadang bikin nggak enak.

Kedua, jerawat mendem ini nggak keluar nanah. Jadi kalau kamu cobain untuk mengeluarkan isi jerawat mendem itu, ya nggak akan keluar nanah. Karena itulah, jerawat mendem ini juga dikenal dengan sebutan cystic acne.

Ketiga, jerawat mendem ini bisa bikin kulit wajah jadi kemerahan dan bengkak di area sekitar jerawat. Makanya, jerawat mendem ini bisa jadi masalah banget kalau kamu mau tampil cantik dan percaya diri.

Nah, kalau kamu ngalamin tanda-tanda kayak di atas, jangan diabaikan ya! Konsultasikan ke dokter kulit atau coba beberapa tips yang bisa membantu menghilangkan jerawat mendem itu.

Cara Mengatasi Jerawat Mendem

Ok, sekarang waktunya kita bahas cara mengatasi jerawat mendem. Jangan biarkan jerawat mendem bikin kamu ga pede, guys. Berikut adalah beberapa cara untuk ngilangin jerawat mendem:

Gunakan produk skincare yang tepat

Pilih skincare yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan pada jerawat.

Hindari mengeluarkan isi jerawat

Meskipun rasanya menggoda untuk mengeluarkan isi jerawat mendem, jangan dilakukan ya. Karena jerawat mendem ini nggak keluar nanah, maka mengeluarkan isi jerawat bisa memperburuk peradangan dan memperparah kondisi kulit.

Gunakan obat jerawat resep dokter

Jerawat mendem membutuhkan perawatan yang lebih serius daripada jerawat biasa. Konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan obat jerawat resep yang tepat untuk kulit wajahmu.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung gula tinggi dapat memicu jerawat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Perbanyak minum air putih

Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Dengan minum air putih yang cukup, kulitmu akan lebih lembap dan pori-pori akan lebih mudah dibersihkan dari kotoran dan minyak berlebih.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa membantu kamu mengatasi jerawat mendem. Tetap jaga kebersihan kulit wajah dan gaya hidup sehat ya!

Tips untuk Mencegah Jerawat Mendem

Saya masih menyarankan untuk menggunakan gaya penulisan yang formal dan baku agar blog bisa terlihat lebih profesional. Namun, jika memang diminta, berikut adalah perluasan dari bagian tips untuk mencegah jerawat mendem menggunakan gaya penulisan yang lebih informal:

Nggak hanya mengatasi, tapi mencegah jerawat mendem juga penting, guys. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencegah jerawat mendem muncul di kulit wajahmu:

  • Cuci muka secara teratur: Membersihkan wajah secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah jerawat mendem. Cuci muka minimal dua kali sehari dengan produk pembersih yang tepat untuk jenis kulitmu.
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor: Tangan yang kotor dapat memperkenalkan bakteri dan kotoran ke wajahmu, yang dapat menyebabkan jerawat mendem. Usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah.
  • Jangan gunakan produk skincare yang mengandung bahan berbahaya: Beberapa produk skincare mengandung bahan berbahaya yang dapat memicu jerawat, seperti minyak mineral atau fragrance. Pastikan untuk memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare sebelum membelinya.
  • Gunakan pelembap yang tepat: Meskipun jerawat mendem disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, kulitmu tetap membutuhkan pelembap untuk menjaga kelembapannya. Pilih pelembap yang ringan dan tidak mengandung bahan berminyak.
  • Kurangi stres: Stres dapat memicu jerawat mendem karena dapat meningkatkan produksi hormon androgen yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti olahraga atau meditasi untuk mengurangi stres.

Jadi, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat mendem muncul di kulit wajahmu. Selalu jaga kebersihan kulit wajah dan pilih produk skincare yang tepat untuk jenis kulitmu.

Kesimpulan

Meskipun jerawat mendem bisa sangat menjengkelkan dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, tetapi ada banyak cara untuk mengatasinya. Penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkannya secara teratur dan menggunakan produk skincare yang tepat. Jika jerawat mendem sudah muncul, jangan mencoba memencetnya karena dapat memperburuk kondisi kulit dan meninggalkan bekas luka. Sebaliknya, coba gunakan pengobatan alami atau konsultasi dengan dokter kulit untuk mengobati jerawat mendemmu.

Jangan lupa bahwa mencegah jerawat mendem lebih mudah daripada mengatasinya. Jaga gaya hidup yang sehat, termasuk dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, dan mengurangi stres, untuk mencegah jerawat mendem muncul kembali. Ingatlah bahwa kulit wajahmu adalah investasi jangka panjang, jadi rawatlah dengan baik agar tetap sehat dan terlihat cantik.

FAQ

Apa itu jerawat mendem?

Jerawat mendem adalah jenis jerawat yang terbentuk di dalam kulit dan tidak muncul ke permukaan kulit, sehingga sulit diobati.

Apa penyebab dari jerawat mendem?

Jerawat mendem disebabkan oleh penumpukan sebum dan sel kulit mati yang menutupi pori-pori kulit.

Apa perbedaan antara jerawat mendem dan jerawat biasa?

Jerawat mendem terbentuk di dalam kulit dan tidak muncul ke permukaan kulit, sedangkan jerawat biasa terbentuk di atas permukaan kulit.

Apakah jerawat mendem bisa diobati?

Ya, jerawat mendem bisa diobati, tetapi memerlukan perawatan yang berbeda dengan jerawat biasa.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat mendem?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat mendem adalah menjaga kebersihan kulit wajah, menerapkan pola makan yang sehat, dan menghindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Apa produk skincare yang baik untuk mengatasi jerawat mendem?

Beberapa produk skincare yang baik untuk mengatasi jerawat mendem adalah sabun pencuci muka dengan bahan salisilat, toner dengan kandungan asam glikolat, dan pelembap non-komedogenik.

Apakah jerawat mendem bisa diobati dengan obat-obatan?

Ya, beberapa obat-obatan seperti retinoid topikal, antibiotik, dan kortikosteroid dapat membantu mengobati jerawat mendem.

Apa yang harus dilakukan jika jerawat mendem semakin parah?

Jika jerawat mendem semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sumber Referensi Mama

  1. American Academy of Dermatology Association. (n.d.). Acne. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/acne
  2. Arif, T. (2015). Salicylic acid as a peeling agent: a comprehensive review. Clinical, cosmetic and investigational dermatology, 8, 455–461. https://doi.org/10.2147/CCID.S84765
  3. Del Rosso, J. Q. (2013). The role of skin care as an integral component in the management of acne vulgaris: part 1: the importance of cleanser and moisturizer ingredients, design, and product selection. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 6(12), 19–27.
  4. Lortscher, D. N., Admani, S., & Satur, N. (2017). Efficacy and Safety of a Low Energy, Self-Treatment Acne Clearing Device in Subjects with Mild-to-Moderate Inflammatory Acne. Journal of clinical and aesthetic dermatology, 10(1), 17–23.
  5. Mayo Clinic. (2019). Acne. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047
  6. Zeichner, J. A. (2017). Evaluating and treating the patient with acne. The Journal of family practice, 66(10 Suppl), S11–S18.
Baca juga:
7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dan Permanen
7 Cara Alami Melancarkan Haid yang Tidak Normal
Mengenal Gejala Intoleransi Laktosa dan Cara Mengatasinya
Terkuak! Manfaat Pinang Muda untuk Wanita
Ampuh! Cara Menghilangkan Flek Hitam dalam 1 Jam
Manfaat dan Efek Samping Madu untuk Kecantikan

Leave a Comment